Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
1. Memahami teks melalui membaca intensif. Membaca
nyaring dan membaca pantun
Kompetensi Dasar
1.3. Membaca pantun anak secara
berbalasan dengan lapal dan intonasi yang tepat
Indikator
Membacakan bait-bait pantun anak
dengan intonasi yang sesuai
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membacakan
bait-bait pantun anak dengan intonasi yang sesuai
II. Materi
Ajar
Pantun
III. Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab
Latihan
Penugasan
Demontrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bersama-sama
membaca do’a dan dilanjutkan dengan apresiasi mengabsenkehadiran siswa dan
dilanjutkan dengan menyajikan salah satu lagu wajib untuk membangkitkan
motivasi belajar, siswa berlatih belajar membaca pantun
B. Kegiatan
inti 50 menit
Setelah bertanya jawab
tentang pantun, siswa berlatih membaca pantun tiap-tiap bait dengan intonasi yang
sesuai
Siswa diberi tugas dan
mendemontrasi
Siswa membacakan pantun
secara berpasangan dan berkesinambungan melalui kegiatan Tanya jawab dan
demontrasi
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Evaluasi
Siswa diberi tugas
untuk meningkatkan kembali cara berpantun dengan intonasi yang tepat
V. Alat
dan sumber belajar
Buku bahasa Indonesia
kelas IV, Kaswan Darmadi, Rita Nirbaya
VI. Penilaian
Tes : Lisan
Bentuk : Perbuatan
Soal tes
Bacalah pantun dibawah ini dengan benar
!
Demontrasikan secara berpasangan di
depan kelas !
Buah pinang buah belimbing
Ketiga dengan buah mangga
Sungguh senang berbapa sumbing
Biar marah tertawa juga
Pohon manggis di tepi rawa
Tempat kakek tidur beradu
Sedang menangis nenek tertawa
Melihat kakek bermain gundu
No
|
Aspek
yang di nilai
|
A
|
B
|
C
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
1
|
Keseriusan
|
|||||
2
|
Intonasi
|
|||||
3
|
Kekompakan
|
|||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan
pikiran, persaaan, dan informasi secara tertulis dalam karangan, pengumuman,
dan pantun anak.
Kompetensi Dasar
8.1
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dan lain-lain)
Indikator
8.1.2 Menggunakan tanda baca
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menggunakan
tanda baca titik (.)
II. Materi
Ajar
Meggunakan tanda baca
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah
Latihan
Penugasan
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa berdo’a
bersama-sama dan selanjutnya guru mengadakan apresiasi dengan cara mengabsen
siswa dan dilanjutkan pengumpulan tugas.
B. Kegiatan
inti 50 menit
Siswa diajak untuk
membuat kalimat dengan memakai ejaan yang benar dan membubuhkan tanda baca pada
akhir kalimat.
Siswa disuruh membuat
kalimat berita dengan membubuhkan tanda baca titik.
Siswa ditugas untuk
membuat kalimat dan mengemukakan di depan kelas dengan menuliskan di papan
tulis secara perorangan.
Siswa bersama guru membuat
kesimpulan materi yang telah dipelajari
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Evaluasi
Tindak lanjut
V. Alat
dan sumber belajar
Buku bahasa Indonesia
kelas IV, Kaswan Darmadi, Rita Nirbaya
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Esay
Soal tes
Sebelum mengerjakan
bacalah basmallah terlebih dahulu bubuhkan tanda baca pada kalimat dibawah ini
!
1. Dina
berangkat ke sekolah
2. Ibu
pergi ke pasar
3. Kakek
datang dari Bandung
4. Bibi
baru pulang dari Medan
5. Kakak
saya menjadi juara kelas
Kunci jawaban
1. Dina
berangkat ke sekolah.
2. Ibu
pergi ke pasar.
3. Kakak
datang dari Bandung.
4. Bibi
baru pulang dari Medan.
5. Kakak
saya menjadi juara kelas.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PKN
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
3. Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat
Kompetensi Dasar
3.2
Menyebutkan Organisasi Pemerintahan tingkat Pusat, seperti Presiden,
Wakil Presiden, dan para Menteri.
Indikator
3.2.1
Membuat bagan struktur
organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti Presiden, Wakil Presiden dan Para
Menteri
3.2.2
Menjelaskan tugas Pemerintahan
tingkat pusat.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat
bagan struktur organisasi pemerintahan tingkat pusat.
II. Materi
Ajar
Organisasi Pemerintahan
Pusat
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Inguiri
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal
Apresiasi
B. Kegiatan
inti
Guru menerangkan
mengenai pemegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD.
Usai membaca Materi,
Siswa menjawab berberapa pertanyaan yang ada.
Guru membagi kelas
menjadi beberapa kelompok.
Siswa melaksanakan
diskusi
Siswa diminta untuk
melaporkan hasil diskusi dari tiap-tiap kelompok.
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan
Melakukan tugas
kelompok di rumah : Carilah informasi tentang nama-nama Menteri-menteri yang
termasuk dalam cabinet bersatu dari buku atau sumber lainnya.
C. Kegiatan
akhir
Evaluasi
Tindak lanjut
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber
Pendidikan
Kewarganegaraan : Menjadi Warga Negera yang Baik kelas IV, Prayoga Bestari, Ati
sumiati.
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Isian
Soal test
Lengkapilah kalimat berikut
1. Lembaga
Negara yang termasuk lembaga legislatif adalah………
2. BPK
kependekan dari. ………
3. Menteri
yang mengurus masalah keamanan dan ketertiban Negara adalah
4. Lembaga
yang bertugas membuat Undang-Undang adalah………
5. Menteri
yang menangani bidang khusus yang tidak ditangani oleh menteri departemen
adalah………
6. Untuk
menjalankan Pemerintahan, Presiden dibantu oleh ………
7. Presiden
dan Wakil Presiden dipilih melalui
8. Salah
satu tugas MPR adalah ………
9. Keanggotaan
DPR diresmikan dengan ………
10. Salah
satu tugas dari komisi Yudisial adalah ………
Kunci
Jawaban
1. MPR,
DPR, DPD
2. Badan
Periksa Keuangan
3. Menhamkam
4. MPR
5. Menteri
Negara yaitu Menteri BUMN dan Menteri Lingkungan Hidup
6. Wakil
Presiden dan Para Menteri-menteri Negara
7. Pemilu
8. - Mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar
-
Melantik Presiden dan
Wakil Presiden berdasarkan Pemilu
-
Memutuskan usul DPR
berdasrkan putusan MK
9. Keputusan
Presiden
10. - Mengusulkan pengangkatan Hakim Agung kepada
DPR
-
Menegakan kehormatan
dan keluruhan martabat serta martabat serta menjaga prilaku hukum.
Lembar kerja
Jelaskan menurut pengetahuanmu mengenai
pemegang kekuasaan pemerintah menurut UUD
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PKN
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
3. Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat
Kompetensi Dasar
3.1
Mengenal Lembaga-lembaga Negara dalam susunan pemerintahan tingkat
pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dan lain-lain
Indikator
3.1.Mengidentifikasi
lembaga-lemabaga Negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat seperti DPR,
Presiden, MA, MK, BPK, dan lain-lain
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa mengetahui
organisasi pemerintahan
II. Materi
Ajar
Sistem Pemerintahan
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab,
diskusi, latihan.
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal
Mengulas materi
sebelumnya mengenai kepala pemerintahan tingkat Kabupaten, Kota dan Propinsi
B. Kegiatan
inti
-
Menjelaskan materi
tentang lembaga-lembaga Negara dalam susunan pemerintah tingkat Pusat
-
Guru membagi kelas
menjadi lima kelompok, untuk mengadakan diskusi dengan tema membandingkan
lembaga tinggi Negara dan lembaga lain yang ada di Indonesia
-
Siswa melaksanakan
diskusi
-
Siswa diminta
melaporkan hasil diskusi dari tiap-tiap kelompok
-
Melakukan Tanya jawab tentang lembaga tinggi Negara
-
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan
-
Memberikan tugas pada
siswa untuk melakukan observasi dan Tanya jawab kepada tokoh masyarakat
C. Kegiatan
akhir
Evaluasi
Tindak lanjut
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Pendidikan
Kewarganegaraan : Menjadi Warga Negera yang Baik kelas IV, Prayoga Bestari, Ati
sumiati.
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Isian
Kerjakan pada buku tugasmu !
Isilah dengan tepat !
1. Jabatan
seorang Presiden berakhir setiap ………….. Tahun
2. Presiden
dipilih oleh ………….
3. Wakil
Presiden yang ke tujuh adalah ……………..
4. Ketua
Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Periode 2004-2009 ialah
………………
5. Mentri
bertanggungjawab kepada ……………….
6. Presiden
menjalankan tugasnya dibantu oleh ………………
7. Anggota
MPR berjumlah …………….
8. Anggota
DPR berjumlah …………….
9. Kekuasaan
eksekutif dilaksanakan oleh …………..
10. Anggota
hakim konstitusi berjumlah …………………
Kunci jawaban
1. 5
Tahun
2. Rakyat
3. B.J
Habibie
4. Hidayat
Nur Wahid
5. Presiden
|
6. Menteri
7. Pemilu
8. 550
Orang
9. Presiden
dan Wakil Presiden
10. 7
Orang
|
Kriteria Penilaian
Na = Sekor Perolehan x 100 = 100
Sekor
Maksimal
Lembar kerja siswa
Coba
bandingkan lembaga tinggi negara dan lembaga lain yang ada di Indonesia !
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
8. Memahami
berbagai bentuk energi dan cara
penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
8.1
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
Indikator
Menyebutkan
sumber-sumber energi panas misalnya gesekan benda dan matahari
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengenal sumber
energi panas dan menunjukan adanya
perpindahan panas.
II. Materi
Ajar
Bentuk energi panas dan
penggunaannya.
III. Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, ceranah
dan demontrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bersama-sama
membaca do’a dan dilanjutkan dengan mengecek siswa hadir.
Siswa menjawab beberapa
pertanyaan guru tentang contoh sumber-sumber energi panas.
B. Kegiatan
inti 50 menit
-
Guru menerangkan materi
secara singkat tentang energi panas.
-
Guru bertanya jawab
tentang sumber-sumber energi panas
-
Siswa mendemontrasikan
adanya perpindahan panas dibawah bimbingan guru
C. Kegiatan
akhir 10 menit
-
Siswa menjawab
pertanyaan guru secara lisan
-
Siswa diberi tugas
untuk membawa perlengkapan dengan materi yang akan datang
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Buku Ilmu Pengetahuan
Alam Kelas IV, E. Kuralsim, S.Pd dkk
Alat
-
Benda yang ada
dilingkungan sekolah
-
Percobaan sains
-
Membawa, korek api,
kayu bahan bakar yang sudah dipotong
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Isian
Soal test
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Sumber
energi panas yang paling utama adalah ……………..
2. Energi
(Tenaga) diperoleh dari ……………..
3. Segala
sesuatu yang dapat digerakkan oleh pengaruh panas disebut …………
4. Pada
zaman dahulu, nenek moyang kita memperoleh api dengan cara ……….
5. Matahari
merupakan sumber energi panas utama dan sangat diperlukan oleh ..
6. Perpindahan panas
yang tidak memerlukan media perantara
disebut……….
7. Sumber
energi panas dapat dihasilkan dari matahari dari ……………..
8. Dua
buah benda dapat menghasilkan panas apabila ……………..
9. Panas
api ungun merupakan salah satu contoh ……………..
10. Apabila
kita menjemur pada siang hari akan terasa ……………..
Kunci
jawaban
1. Matahari
2. Sumber
energi
3. Energi
panas
4. Menggasah,
gosokan batu atau kayu
5. Mahluk
hidup
6. Radiasi
7. Gesekan
benda
8. Di
gesekan
9. Energi
yang menghasilkan panas
10. Panas
menyengat
Kritertia penilaian
Na : Sekor penilaian x 100 = 100
Sekor
maksimal
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
1. Memahami
gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda
Kompetensi Dasar
1.1
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan)
dapat mengubah gerak suatu benda
Indikator
1.1.2 Mendemontrasikan cara menggerakan
benda misalnya di dorong dan dilampar
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
mendemontrasikan cara menggerakan benda misalnya di dorong dan dilempar
II. Materi
Ajar
Gaya
III. Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, ceramah,
latihan, demontrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bersama-sama
membaca do’a dan dilanjutkan dengan mengecek siswa hadir.
Apresiasi materi yang
telah diajarkan minggu yang lalu
B. Kegiatan
inti 50 menit
Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan guru tentang gaya siswa mendengarkan materi yang sampaikan
oleh guru dan mencatat materi yang penting
Siswa mendorong kerja
dan melempar bola secara perlukan
Siswa mengerjakan
latihan soal-soal
Siswa bersama guru
melimpahkan materi pelajaran
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Evaluasi
Tindak
lanjut
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Buku Ilmu Pengetahuan
Alam Kelas IV, E. Kuralsim, S.Pd dkk
Alat
-
Meja
-
Kursi
-
Bola
VI. Penilaian
Tes : Lisan
Perbuatan
Bentuk : Jawaban singkat
Soal test
Demontrasikan dan jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Pindah
meja A ke dekat pintu ! mengapa demikian ?
2. Lemparlah
bola voly ke depan ! mengapa minggelinding ?
Jawaban
1. Setelah
meja dipindahkan maka berpindah tempat, karena ada gaya dan dorongan dari
tangan
2. Setelah
bola dilempar maka bola menggelinding dan berpindah tempat, sebab ada gaya
lemparan dari tangan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan tekhnologi di lingkungan
Kabupaten / Kota dan propinsi
Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal aktifitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerahnya.
Indikator
2.1.1 Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan
ekonomi dilingkungannya.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan
bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dilingkungannya
II. Materi
Ajar
Kegiatan Ekonomi
Penduduk
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Latihan
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bero’a
bersama-sama dan dilanjutkan dengan mengecek siswa hadir.
Melakukan Tanya jawab
dengan siswa mengenai contoh kegiatan ekonomiyang berhubungan dengan sumber
daya alam
B. Kegiatan
inti 50 menit
Menggali siswa untuk
mengamati gambar mengolah lahan-lahan sawah dan hasil perkebunan dan
dilanjutkan dengan Tanya jawab mengenai :
1. Sebutkan
kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan kita tinggal ?
2. Apa
yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi di bidang pertanian ?
Setelah
beranya jawab siswa melakukan latihan soal-soal
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Menyimpulkan
materi
Pemberian
tugas PR
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Buku Ilmu Pengetahuan
Sosial Kelas IV, Tantya Hismi P. Winardi
Gambar
lahan pertanian dan perkebunan yang sedang digarap para petani
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Esay
Soal test
Jawablah dengan benar !
1. Sebutkan
3 jenis kebutuhan pokok !
2. Kebutuhan
sekunder adalah ………
3. Sebutkan
kegiatan ekonomi yang harus diketahui !
Kunci
Jawaban
1. Makanan
(Pangan)
Pakaian (Sandang)
Tempat
tinggal (Papan)
2. Kebutuhan
tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi
3. Pertanian,
perkebunan, nelayan perdagangan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
6. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
6.4 Berbagai bentuk pecahan
Indikator
6.4.1 Siswa dapat menerangkan dua
bilangan pecahan biasa berpenyebut sama
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menerangkan
dua bilangan pecahan biasa berpenyebut sama
II. Materi
Ajar
Pengurangan pecahan
III. Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab
Eksposisi (menerangkan)
Latihan
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bero’a
bersama-sama dan dilanjutkan dengan mengecek siswa hadir. Bertanya jawab
tentang pecahan berpenyebut sama
B. Kegiatan
inti 50 menit
1. Memberikan
catatan tentang aperasi hitung penjumlahan pecahan berpenyebut sama
2. Meneksposisi tentang oprasi hitung penjumlahan pecahan
berpenyebut sama
3. Tanya
jawab
4. Latihan
soal-soal pada buku tugas
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Memberikan
latihan soal
Memberikan
soal pekerjaan rumah
Menutup
pelajaran
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Buku Matematika Kelas
IV, Burhan Mustaqin, Ary Astuty
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Esay
Soal test
Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan benar dan
teliti !
1. 11 _ 8
=
13
13
2. 15
_ 9
=
18
18
3. 9 _ 7 =
10 10
4. 23 _ 20 =
25 25
5. 18 _
20 =
21 21
Kunci
Jawaban
1. 3 .
13
2. 6
13
3. 2 .
10
4. 3
25
5. 10
21
Kriteria Penilaian
Na = Sekor Perolehan x 100
=100
Sekor
Maksimal
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
6. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
6.3 Menjumlahkan pecahan
Indikator
Menjumlahkan bilangan pecahan
berpenyebut tidak sama
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
menjumlahkan bilangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama
II. Materi
Ajar
Penjumlahan pecahan
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Latihan
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bero’a
bersama-sama dan dilanjutkan dengan mengecek siswa hadir.
Mengumpulkan tugas PR
Apersepsi
B. Kegiatan
inti 50 menit
Menerangkan materi baru
Guru bersama siswa
mengingat cara mencari KPK dengan menggunakan Faktor prima
Tanya jawab tentang
materi yang sedang berlangsung
Siswa dibagi lembar
soal-soal latihan untuk dikerjakan sesuai petunjuk
Siswa disuruh
melaporkan hasil pekerjaannya ke depan kelas
Siswa bersama guru
membuat kesimpulan
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Evaluasi
Tindak
Lanjut
Pemberian
tugas di rumah
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Buku Matematika Kelas
IV, Burhan Mustaqin, Ary Astuty
Alat :
Bagan Faktorisasi pada
karton
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Essay
Soal test
Kerjakan dengan benar !
1. 2 + 2 =
3
9
2. 1 + 5
=
18
6
3. 1 + 2 =
3
10
4. 3 + 5 =
8
12
5. 1 + 4 =
8
11
Kunci
Jawaban
1. 8 .
9
2. 16
18
3. 16 .
30
4. 19
24
5. 43
88
Kriteria Penilaian
Na = Sekor Perolehan x 100
=100
Sekor
Maksimal
Soal-soal latihan
Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan benar !
1. 2 + 3 =
7
5
2. 1 + 6
=
12
15
3. 3 + 3
=
5
8
4. 2 + 3 =
9
7
5. 4 + 2 =
7
8
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
2. Mengenal
Sumber Daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten / kota dan Propinsi
Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal pentingnya Koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Indikator
Menjelaskan tujuan dan manfaat koperasi
I.
Tujuan Pembelajaran
Mendeskripsikan
pentingnya koperasi dalam melayani ekonomi rakyat
II. Materi
Ajar
Koperasi dan
Kesejahteraan Rakyat
III. Metode
Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Inguiri
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
-
Siswa bersama-sama
membaca do’a dilanjutkan dengan mengecek siswa yang hadir
-
Mengumpulkan tugas di
rumah
-
Apresiasi siswa diajak
untuk memuhi tentang apa yang termuat dalam UUD 1945, Bab XIV pasal 33 ayat (1)
B. Kegiatan
inti 50 menit
-
Meminta siswa untuk
menjawab apa yang dimaksud dengan koperasi
-
Menjelaskan pada siswa
tentang tujuan koperasi
-
Menjelaskan tentang
manfaat koperasi
-
Guru melengkapi jawaban
tingkat tentang tujuan dan manfaat koperasi
-
Siswa bersama-sama guru
membuat kesimpulan tentang materi yang diajarkan.
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Evaluasi
Tindak
Lanjut
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
Buku Ilmu Pengetahuan
Sosial Kelas IV,Tamtya Hismi P. Winardi
Alat :
Lambang Koperasi yang
tertera pada kertas karton
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Pilihan Ganda
Soal tes
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
|
|
1. Badan
atau lembaga perekonomian yang paling cocok dengan maksud pasal 33 ayat 1 UUD
1945 adalah …………….
|
|
a.
Koperasi
b.
Perseroan
|
c. Firma
d. Kongsi
dagang
|
2. Bapak
Koperasi Indonesia adalah ……………….
|
|
a.
Prof. Dr. Samitro.
b.
Jendral Soeharto
|
c. Drs.
Muhammad Hatta
d. Ir.
Soekarno
|
3. Kerja
atau usaha terus-menerus adalah makna dari symbol gambar …….
|
|
a.
Pohon Beringin
b.
Gerigi roda
|
c. Bimbingan
d. Padi
dan kapas
|
4. Pancasila
sebagai landasan idil koperasi pada gambar dilambangkan oleh ….
|
|
a.
Pohon beringin
b.
timbangan
|
c. gigi
roda
d. padi
dan kapas
|
5. Hari
Koperasi diperingati setiap tanggal
|
|
a.
1 Juni
b.
14 Juni
|
c. Pancasila
d. Landasan
Idiil
|
6. Koperasi
berdasarkan ……………
|
|
a.
UUD 1945
b.
Kekeluargaan
|
c. Pancasila
d. Landasan
Idiil
|
7. Tujuan
koperasi adalah ………….
1.
Meningkatkan
kesejahteraan anggota
2.
Memperluas lapangan
kerja
3.
Mengembangkan usaha
para anggota koperasi
4.
Mengemban
perekonomian Negara
|
|
a.
1 dan 2 benar
b.
2 dan 3 benar
|
c. 1,
2 dan 4 benar
d. 1
dan 3 benar
|
8. Kemakmuran
yang hendak dicapai adalah makna dari symbol gambar…….
|
|
a.
Timbangan
b.
Padi dan Kapas
|
c. Rantai
d. Pohon
beringin
|
9. Kredit
lunak artinya ………….
|
|
a.
Pinjaman dengan bunga
ringan
b.
Pinjaman dengan
bungan sama
|
c. Pinjaman
dengan bunga tinggi
d. Pinjaman
tanpa bunga
|
10. 1.
Tujuan koperasi induk kepentingan kelompok saja
2. Tujuan koperasi merupakan kepentingan
bersama para anggota
3. Tujuan koperasi meningkatkan
kemakmuran para anggota
4. Tujuan Koperasi untuk
kepentingan siapa saja
Dari pernyataan di atas yang
benar adalah …………..
|
|
a.
1 dan 2 benar
b.
2 dan 4 benar
|
c. 1,
2, dan 3 benar
d. 2
dan 3 benar
|
Kunci Jawaban
1. a (Koperasi)
2. c (Drs. Mohammad Hatta)
3. b (Gerigi roda)
4. b (Timbangan)
5. d (12 Juli)
6. b (kekeluargaan)
7. d (meningkatkan kesejahteraan anggota)
(Mengembangkan usaha para anggota
koperasi)
8. b
(padi dan kapas)
9. a
(pinjaman dengan modal ringan)
10. a
(Perekonomian dasar sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas
kekeluargaan)
10.
Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 berbunyi ………
a. Perekonomian
disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan
b. Cabang-cabang
produksi yang penting bagi Negara yang menguasai hajat hidup orang banyak
c. Bumi
dan air dikuasai oleh Negara
d. Perekonomian
berdasarkan azas demokrasi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester
: IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
1. Menggunakan
lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
Indikator
Siswa dapat menyebutkan lambang bilangan
romawi dan cara menuliskannya
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan
lambang bilangan Romawi dan cara menuliskannya
II. Materi
Ajar
Bilangan Romawi
III. Metode
Pembelajaran
Ekspositari
Tanya jawab
Latihan
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal 10 menit
Siswa bero’a
bersama-sama dan selanjutnya guru mengadakan apresiasi dengan cara mengabsen
siswa mengumpulkan tugas
B. Kegiatan
inti 50 menit
Menerangkan materi baru
Siswa mencatat
bilangan romawi pada buku masing-masing
Tanya jawab tentang
materi yang sedang berlangsung
Siswa mengerjakan soal
latihan pada buku tugas
Siswa bersama siswa
menyimpulkan materi pelajaran yang sudah diajarkan
C. Kegiatan
akhir 10 menit
Evaluasi
Tindak
Lanjut
Pemberian
tugas
V. Alat
dan sumber belajar
Sumber :
-
Buku Matematika Kelas
IV, PT Aneka Ilmu
-
Contoh bilangan Romawi
pada karton
VI. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk : Essay
Bacalah basmalah sebelum mengerjakan soal !Soal tes
Kerjakanlah soal-soal dibawah ini dengan tepat !
1. Bilangan
1 dilambangkan
2. Bilangan
10 dilambangkan
3. Bilangan
100 dilambangkan
4. Bilangan
50 dilambangkan
5. Bilangan
500 dilambangkan
Kunci
jawaban
1. I
2. X
3. C
4. L
5. D
Soal
Latihan
Tuliskan bilangan cacah dari lambing bilangan Romawi
berikut ini
1. II =
2. III =
3. IV =
4. VI =
5. VII =
6. IX =
7. XII =
8. XX =
9. XXII
=
0 komentar:
Posting Komentar