Selasa, 14 Agustus 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                 : IV/II
Alokasi Waktu                    : 2 x 35 menit
Hari . Tanggal                     :

Standar Kompetensi
:
Mengenal sumber daya alam kegiatan ekonomi, dan kemajuan

Kompetensi Dasar
:
Mengenal perkembangan Tekhnologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

Indikator
:
Membandingkan jenis-jenis tekhnologi untuk berproduksi yang digunakan masyarakat pada masa lalu dan masa kini


I.         Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tekhnologi untuk berproduksi yang digunakan masa lalu
2.      Menyebutkan jenis tekhnologi untuk berproduksi pada masa kini
3.      Siswa dapat membedakan jenis tekhnologi untuk berproduksi pada masa kini

II.      Materi Pembelajaran pokok
-          Perkembangan tekhnologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi.


III.   Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          diskusi

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan awal (10 menit)
1.      Mengulas materi sebelumnya.
2.      Tanya jawab tentang tekhnologi produksi masa lalu dan masa kini

B.     Kegiatan inti (50 menit)
1.      Siswa dibagi 4 kelompok
2.      Menjelaskan tentang tekhnologi produksi masa lalu dan masa kini
3.      Siswa disuruh menuliskan jenis-jenis tekhnologi masa lalu dan masa kini secara berkelompok
4.      Guru menjelaskan tentang produksi komunikasi dan transportasi
5.      Memberikan contoh manfaat tekhnologi komunikasi dan transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru membacakan hasil diskusi
3.      Siswa diberi tugas untuk dirumah

V.      Alat dan sumber belajar
A.    Sumber           : Buku IPS kelas IV, PT Sarana Panca Karya Nusa Hal 32
B.     Alat                : Gambar-gambar alat produksi masa lalu dan masa kini

VI.    Penilaian
Tes tertulis  : isian, essay

Tuliskan jenis-jenis tekhnologi produksi masa lalu dan masa kini pada table berikut ini
No
Tehnologi Produksi masa lalu
Tehnologi Produksi masa kini
1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.



Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.      Apa kelemahan menggunakan tekhnologi produksi masa lalu ?
2.      Apa keuntungan menggunakan produksi masa kini ?

Kunci jawaban
1.      Kelemahan lama dalam proses pembuatannya
2.      Keuntungan akan cepat selesai








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                 : IV/II
Alokasi Waktu                    : 2 x 35 menit
Hari . Tanggal                     :

Standar Kompetensi
:
Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan tekhnologi dan masyarakat

Kompetensi Dasar
:
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

Indikator
:
-          Menjelaskan pengertian sumber daya alam
-          Mengidentifikasi sumber daya alam dengan tekhnologi yang digunakan

I.         Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengamati berbagai jenis sumber daya alam dan hasilnya
2.      Siswa dapa menjelaskan pengertian sumber daya alam
3.      Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam
4.      Siswa dapat membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak  dapat diperbaharui
5.      Siswa dapat menyebutkan macam macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui



II.      Materi Pembelajaran pokok
1.      Keterkaitan antara sumber daya alam, lingkungan tekhnologi dan masyarakat.

III.   Metode Pembelajaran
-          Demontrasi
-          Ceramah / informasi
-          intensi

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan awal (10 menit)
1.      Siswa berdo’a bersama
2.      Guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa.
3.      Membangkitkan motivasi belajar, guru bercerita tentang kekayaan alam Indonesia dan Tanya jawab

B.     Kegiatan inti (50 menit)
1.      Siswa mengamati sekitar lingkungan dan menyebutkan macam-macam sumber daya alam
2.      Guru Menjelaskan pengertian sumber daya alam
3.      Siswa membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
4.      Siswa bersama Guru melakukan Tanya jawab

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
1.      Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan materi dan mencatatnya
2.      Siswa diberi tugas individual untuk menggambar macam-macam sumber daya alam yang dapat di perbaharui



V.      Alat dan sumber belajar
A.    Sumber           : Lingkungan Sekitar, Buku IPA kelas IV halaman 170 PT
  Sarana Panca Karya Nusa
B.     Alat                : Gambar sumber daya alam yang dapat di perbaharui.

VI.    Penilaian




Pilihlah Jawaban yang Paling Benar !

1.      Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah …………..
a.       Minyak
b.      Emas
c.       Perak
d.      Air
2.      Sumber daya alama apabila digunakan terus menerus akan habis adalah
a.       Air
b.      Udara
c.       Tanah
d.      Logam
3.      Salah satu pelestarian hutan adalah …..
a.       Suaka margasatwa
b.      Terasering
c.       Reboisasi
d.      Transmigrasi
4.      Salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah ….
a.       Mineral
b.      Hewan
c.       Tanah
d.      Tumbuhan
5.      Penghijauan kembali hutan bertujuan untuk melestarikan …….
a.       Hewan
b.      Tumbuhan
c.       Minyak bumi
d.      Batu bara

Isilah dengan jawaban yang benar !
1.      Kekayaan alam yang dibutuhkan manusia disebut …………….
2.      Batu bara, minyak tanah adalah sumber daya alam …………….
3.      Sumber daya alam apabila digunakan terus menerus akan ………..
4.      Salah satu sumber daya alam yang digunakan untuk bernapas berasal dari …...
5.      Meja, kursi  yang kita pakai berasal dari ……………….



Kunci jawaban
1.      d
2.      a
3.      c
4.      a
5.      b
6.      Sumber daya alam
7.      Yang tidak dapat diperbaharui
8.      Habis
9.      Udara
10.  Tumbuhan










0 komentar:

Poskan Komentar

 
;