RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengenal sumber daya alam kegiatan
ekonomi, dan kemajuan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengenal perkembangan Tekhnologi
produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
|
Indikator
|
:
|
Membandingkan jenis-jenis tekhnologi
untuk berproduksi yang digunakan masyarakat pada masa lalu dan masa kini
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis tekhnologi untuk berproduksi yang digunakan masa
lalu
2. Menyebutkan
jenis tekhnologi untuk berproduksi pada masa kini
3. Siswa
dapat membedakan jenis tekhnologi untuk berproduksi pada masa kini
II. Materi
Pembelajaran pokok
-
Perkembangan
tekhnologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi.
III. Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
diskusi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal (10 menit)
1. Mengulas
materi sebelumnya.
2. Tanya
jawab tentang tekhnologi produksi masa lalu dan masa kini
B. Kegiatan
inti (50 menit)
1. Siswa
dibagi 4 kelompok
2. Menjelaskan
tentang tekhnologi produksi masa lalu dan masa kini
3. Siswa
disuruh menuliskan jenis-jenis tekhnologi masa lalu dan masa kini secara
berkelompok
4. Guru
menjelaskan tentang produksi komunikasi dan transportasi
5. Memberikan
contoh manfaat tekhnologi komunikasi dan transportasi dalam kehidupan
sehari-hari.
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
2. Guru
membacakan hasil diskusi
3. Siswa
diberi tugas untuk dirumah
V. Alat
dan sumber belajar
A. Sumber
: Buku IPS kelas IV, PT Sarana
Panca Karya Nusa Hal 32
B. Alat : Gambar-gambar alat produksi
masa lalu dan masa kini
VI. Penilaian
Tes tertulis : isian, essay
Tuliskan jenis-jenis tekhnologi
produksi masa lalu dan masa kini pada table berikut ini
No
|
Tehnologi
Produksi masa lalu
|
Tehnologi
Produksi masa kini
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Apa
kelemahan menggunakan tekhnologi produksi masa lalu ?
2. Apa
keuntungan menggunakan produksi masa kini ?
Kunci
jawaban
1. Kelemahan
lama dalam proses pembuatannya
2. Keuntungan
akan cepat selesai
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari . Tanggal :
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan tekhnologi dan masyarakat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menjelaskan hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan
|
Indikator
|
:
|
-
Menjelaskan
pengertian sumber daya alam
-
Mengidentifikasi
sumber daya alam dengan tekhnologi yang digunakan
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengamati berbagai jenis sumber daya alam dan hasilnya
2. Siswa
dapa menjelaskan pengertian sumber daya alam
3. Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis sumber daya alam
4. Siswa
dapat membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
5. Siswa
dapat menyebutkan macam macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang
tidak dapat diperbaharui
II. Materi
Pembelajaran pokok
1. Keterkaitan
antara sumber daya alam, lingkungan tekhnologi dan masyarakat.
III. Metode
Pembelajaran
-
Demontrasi
-
Ceramah /
informasi
-
intensi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal (10 menit)
1. Siswa
berdo’a bersama
2. Guru
mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa.
3. Membangkitkan
motivasi belajar, guru bercerita tentang kekayaan alam Indonesia dan Tanya
jawab
B. Kegiatan
inti (50 menit)
1. Siswa
mengamati sekitar lingkungan dan menyebutkan macam-macam sumber daya alam
2. Guru
Menjelaskan pengertian sumber daya alam
3. Siswa
membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat
diperbaharui
4. Siswa
bersama Guru melakukan Tanya jawab
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
1. Dengan
bimbingan guru siswa menyimpulkan materi dan mencatatnya
2. Siswa
diberi tugas individual untuk menggambar macam-macam sumber daya alam yang
dapat di perbaharui
V. Alat
dan sumber belajar
A. Sumber
: Lingkungan Sekitar, Buku IPA
kelas IV halaman 170 PT
Sarana Panca Karya Nusa
B. Alat : Gambar sumber daya alam yang
dapat di perbaharui.
VI. Penilaian
Pilihlah Jawaban
yang Paling Benar !
|
|
1. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui
adalah …………..
|
|
a.
Minyak
b.
Emas
|
c. Perak
d. Air
|
2. Sumber daya alama apabila digunakan terus menerus
akan habis adalah
|
|
a.
Air
b.
Udara
|
c. Tanah
d. Logam
|
3. Salah satu pelestarian hutan adalah …..
|
|
a.
Suaka
margasatwa
b.
Terasering
|
c. Reboisasi
d. Transmigrasi
|
4. Salah satu contoh sumber daya alam yang tidak
dapat diperbaharui adalah ….
|
|
a.
Mineral
b.
Hewan
|
c. Tanah
d. Tumbuhan
|
5. Penghijauan kembali hutan bertujuan untuk
melestarikan …….
|
|
a.
Hewan
b.
Tumbuhan
|
c. Minyak bumi
d. Batu bara
|
Isilah dengan jawaban
yang benar !
1. Kekayaan
alam yang dibutuhkan manusia disebut …………….
2. Batu
bara, minyak tanah adalah sumber daya alam …………….
3. Sumber
daya alam apabila digunakan terus menerus akan ………..
4. Salah
satu sumber daya alam yang digunakan untuk bernapas berasal dari …...
5. Meja,
kursi yang kita pakai berasal dari
……………….
Kunci jawaban
1. d
2. a
3. c
4. a
5. b
|
6. Sumber daya alam
7. Yang tidak dapat diperbaharui
8. Habis
9. Udara
10. Tumbuhan
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar